Sabtu, 30 Mei 2009

CARA MENGGAPAI KESUKSESAN DAN BERFIKIR MENJADI SUKSES

Kesuksesan merupakan suatu hal yang di harapkan oleh setiap orang. Kesuksesan merupakan hasil dari mampu atau tidaknya dalam menghadapi segala hal. Tentu tidak mudah dalam menghadapi sebuah kata sukses, tapi perlu dilakukan cara-cara atau kiat-kiat terrtentu. Untuk itu, yang jadi permasalahan sekarang adalah bagaimana cara seseorang menggapai kesuksesan?

Maka hal itulah yang melatar belakangi pembuatan karya tulis ini. Di samping itu, dengan pembuatan karya tulis yang berjudul “Cara Menggapai Kesuksesan dan Berpikir Menjadi Sukses” juga bertujuan agar penulis dapat mengetahui bahwa berpikir dan menjadi sukses mempunyai satu tujuan penting yaitu untuk membantu kita tanpa mempedulikan umur, jenis kelamin, pendidikan, keluarga, latar belakang dan kesehatan kita, untuk membuat peralihan dari tempat kita berada sekarang ke tempat yang kita inginkan.

Kebanyakan dari orang yang sukses secara keuangan pada zaman sekarang menyukai kerja keras menempatkan penekanan puncak pada keluarga dan mereka sangat dihormati. Kerendahan hati merupakan ciri khas orang yang baru mendapatkan kekayaan. Kekayaan dibuat dalam pikiran manusia, pikiran kita merupakan komputer pribadi yang bagus sekali. Dan kita adalah pemrogramnya, kita memerintahkan kepada komputer pikiran kita untuk memilih kesempatan kerja yang tepat, dan memilih teman hidup yang tepat. Kita bisa memprogram pikiran kita untuk berurusan secara efektif dengan orang lain, memberlakuan pengaruh dan memperoleh kekayaan.

Kesuksesan adalah suatu hal yang diinginkan oleh setiap individu. Namun, masih banyak kendala dalam menggapai kesuksesan, seperti halnya anak-anak yang putus sekolah, sehingga mereka sulit untuk menggapai kesuksesan. Karena salah satu penopang untuk mendapatkan kesuksesan adalah dibutuhkannya pendidikan. Tetapi, tidak menutup kemungkinan orang yang berpendidikan pun dengan mudah mendapatkan kesuksesan tanpa disertai dengan kerja keras.

2.1. Hidup Sukses Dimulai dengan Impian

Orang yang sukses tidak melihat kepada keluarganya, pekerjaannya, kesehatannya atau nilai bersihnya seperti apa adanya. Mereka melompat ke depan kelompok orang banyak dan melakukan satu hal yang sederhana tetapi sangat besar. Mereka melihat kepada kehidupan sebagaimana yang semestinya, bukan seperti adanya. Mereka memandang kehidupan sebagaimana mestinya setelah diterapkannya upaya “saya akan menang” yang gigih dan cerdik.

Sukses, kekayaan dan kebahagiaan tidak datang dari kemujuran. Semua pencapaian berasal dari impian yang diubah oleh orang yang berani menjadi kenyataan. Orang yang sukses adalah individu yang mengubah impiannya menjadi jasa dan produk yang diinginkan orang lain.

Mengembangkan sebuah impian menjadi sukses sama seperti memelihara sebidang kebun tujuh langkah untuk mengembangkan sebuah impian yaitu :

§ Binalah citra yang besar dan kuat tentang bisa menjadi apa kita, apa yang bisa kita capai dan apa yang bisa kita miliki. Sukses adalah impian yang diikuti dengan tindakan

§ Pikirkanlah kehidupan sebagai sebidang kebun kita menumbuhkan benih yang kita tanam

§ Satu benih selalu menghasilkan jenisnya tanyakan “Benih apa yang ingin kita tumbuhkan?” dan “Apa keuntungan yang bakal kita raih dari impian kita?”

§ Persiapkan pikiran untuk menerima gagasan besar. Cuci bersihkanlah semua debu, minyak dan lemak. Sesuaikanlah otak untuk menerima pemikiran besar

§ Tanamkanlah sebuah impian besar. Harta kekayaan hanyalah sebuah gagasan yang diikuti dengan tindakan. Jangan menunggu sampai keadaan sempurna

§ Pupuklah benih impian dengan imajinasi, dorongan dan gagasan. Biarkan orang yang berpikiran sukses membantu kita

§ Pusatkan energi kita dengan tekad saya mau! Kita akan berhasil bukan hanya berusaha untuk menjadi pemenang. Gunakanlah waktu agar bermanfaat bagi kita. Investasikan waktu untuk membina sebuah karir. Gunakanlah waktu untuk menciptakan kekayaan

2.2. Cara Membina Keyakinan untuk Sukses

Rahasia menuju sukses adalah tidak menghindari kekalahan, sebaliknya sukses berkembang melalui kekalahan. Bagaimana kita memilih untuk memandang kerugian, kekalahan dan kesalahan akhirnya menentukan siapa yang sukses dan siapa yang hidup dalam tingkat yang rendah.

Sebuah kunci menuju sukses dan peroleh kepercayaan diri didapat dengan belajar dari pengalaman. Untuk mendapatkan kepercayaan diri yang mendalam. Terapkanlah konsep-konsep sebagai berikut :

§ Ketahuilah akar rasa takut dan pemikiran yang keliru pengaturannya

§ Lakukan apa yang kita takutkan dan rasa takut akan lenyap

§ Binalah kepercayaan diri dengan persiapan

§ Sadaplah pikiran kita untuk mendapatkan memori kekalahan, ingat hanya kita yang bisa mengontrol pemikiran kita

§ Kalau kita ingin melakukan apa yang bermoral dan tidak melanggar hukum, maka lakukanlah!

§ Kembangkan penampilan yang penuh rasa percaya diri. Kemaslah diri kita sedemikian rupa sehingga orang lain tertarik kepada kita

§ Beri mata kita kekuatan dari jenis yang tepat dengna memikirkan al-hal yang baik dan positif

§ Kerugian adalah sebuah pelajaran. Pelajarilah itu dan teruslah menuju sukses yang lebih besar.

Dalam membina keyakinan untuk sukses diperlukan pengorbanan dalam diri kita yaitu melepaskan sesuatu yang berharga. Uang, waktu, ataupun tenaga untuk mendapatkan sesuatu yang bahkan lebih berharga, uang yang lebih banyak, standar kehidupan yang lebih tinggi dan pendidikan yang lebih baik lagi. Jadi pengorbanan adalah investasi. Kita melepaskan sesuatu yang hari ini supaya kita bisa memiliki sesuatu yang lebih banyak besok pagi.

2.3. Teknik Sukses Untuk Memotivasi Orang Melakukan Apa yang Kita Inginkan

Sukses dalam ukuran yang sepadan dengan sebaik apa kita memotivasi orang lain. Apa yang diperoleh dalam bentuk uang. Pengaruh dan kekuasaan tergantung pada apa yang kita buat agar dilakukan orang lain. Kesuksesan tergantung pada keahlian kita untuk memberikan motivasi, kita memerlukan pengetahuan motivasional untuk membuat kita dalam melakukan pekerjaan.

Mendapatkan kekuasaan dan pengaruh melalui motivasi yang cerdik dapat kita peroleh dengan teknik-teknik sebagai berikut :

§ Setiap orang ingin makmur. Tunjukkan kepada orang lain bagaimana cara memperoleh uang lebih banyak dan kita akan mendapat dukungan mereka. Tanyakan kepada diri sendiri “Bagaimana saya bisa membantu orang lain yang lebih menikmati kehidupan?” Kemudian tunjukkan caranya kepada mereka

§ Kuasailah kekuatan pujian yang hebat. Katakan kepada orang lain mereka kelihatan hebat

§ Katakanlah hal-hal yang baik tentang keluarga mereka

§ Akuilah prestasi orang lain

§ Kagumilah barang milik mereka

§ Pujilah orang lain untuk gagasan mereka, dan

§ Pujilah orang lain karena berusaha walaupun gagal

§ Pastikan untuk meneruskan pujian pihak ketiga

§ Gunjingan dan kepemimpinan tidak bisa dicampur. Jangan mendengarkan gunjingan, camkanlah dalam pikiran bahwa apa yang kita katakan kepada orang lain akan disimpangkan dan diceritakan kembali

§ Putuskan untuk maju, bukan membalas dendam. Taklukan penyakitan ingin membalas dendam dengan melakukan apa yang benar

Untuk mencapai kesuksesan, harus disertai juga dengan sifat antusiasme dan tindakan. Antusiasme adalah sistem penyalaan mesin psikologis.

Orang sukses dalam perbandingan langsung dengan kemampuan mereka menghidupkan antusiasme. Antusiasme bekerja seperti “mukzizat” baik dalam bisnis maupun pendidikan. Bantulah orang lain merasa antusias, karena hal ini dapat membuat diri kita lebih antusias.

2.4. Langkah Menuju Sukses Melalui Kepemimpinan

Di samping menuju kesuksesan melalui keyakinan dan teknik adapun langkah menuju sukses melalui kepemimpinan yaitu :

2.4.1 Berpikir unggul dalam segala hal yang dilakukan

Keunggulan adalah kualitas yang dicari orang yang berpikir sukses dalam apapun yang mereka lakukan, sebagai hal yang hampir sempurna, luar biasa bagusnya dan yang terbaik yang mungkin dicapai. Hal yang harus diperhatikan dalam mencapai keunggulan yaitu :

Pertama, kejarlah keunggulan dalam segala hal yang akan dilakukan. Semua pekerjaan itu penting dan harus dilakukan dengan cara sebaik-baiknya yang akan menghasilkan lebih banyak yang apabila mempunyai unjuk kerja yang unggul dan akan menikmati kepuasan lebih besar yang merupakan sumber kekayaan sejati yang dicari.

Kedua, bencilah pemikiran tingkat rata-rata, karena berpikir rata-rata tidak akan membantu untuk merealisasikan mimpi dan ketiga, tataplah masa depan dengan bersaing dengan yang paling baik.

2.4.2 Berilah contoh kemenangan

Kepemimpinan adalah pemberian contoh. Dengan berlakunya waktu, falsafah dan kebiasaan orang yang memimpin menjadi falsafah dan kebiasaan kelompok pendukung atau pengikut. Perilaku orang bisa dilacak keteladanan yang dicontohnya dari orang lain. Maka memberikan contoh yang benar merupakan bagian penting dari menjadi pemimpin yang merebut kemenangan.

2.4.3 Beranilah bicara

Ada enam petunjuk yang akan membantu untuk mendapatkan kebiasaan berbicara yaitu :

1). Berani mengajukan pertanyaan, nyatakan suatu pendapat dengan sukarela, paparkan pengalaman pribadi atau katakan sesuatu dalam setiap pertemuan yang diikuti

2). Nyatakan komentar secara positif, jangan memperlemah apa yang dikatakan dengan mendahuluinya dengan komentar

3). Berkomunikasilah secara jujur

4). Hadapilah kritik secara positif, terimalah kritik sebagai pujian, bergembiralah apabila dikritik karena merupakan bukti adanya perkembangan

5). Berikan informasi dan inspirasi tetapi jangan sekali-kali menyerang presentasi yang mendapat hasil positif adalah campuran yang baik antara informatif dan inspirasi

6). Berbicaralah secara sederhana

2.4.4 Biarkan orang lain membantu

Dibawah ini adalah petunjuk untuk membuat orang lain membantu, yaitu :

1). Anggaplah pujian seperti uang, investasikanlah itu. Para pemimpin tidak pernah melahap kejayaan seorang pemimpin yang menerima pujian selalu menginvestasikannya pada diri para pendukungnya

2). Ambilah tanggungjawab 100 persen ketika ada hal yang tidak beres. Seorang pemimpin memahami dengan jelas bahwa kita bisa mendelegasikan kekuasaan untuk bertindak.

3). Koordinasikan pikiran orang lain

4). Milikilah keberanian untuk mengambil resiko. Mengambil resiko sangat penting untuk meraih sukses

2.5. Kunci yang Tidak Boleh Dilupakan Menuju Sukses

1. Buatlah komitmen mutlak untuk mengumpulkan kekayaan

Komitmen berasal dari disiplin diri. Disiplin menuntut kemampuan yang otomatis dan sistematis untuk mencapai kemajuan dan tujuan yang diharapkan

2. Bayarlah pajak kebebasan keuangan untuk benih kekayaan

Orang yang memperoleh kekayaan punya kebiasaan menginvestasikan sebagian dari semua yang yang diperoleh.

Orang yang menjadi sukses karena membuat sebagian uangnya bekerja sehingga menghasilkan uang lebih banyak. Jadikanlah membagi pajak kepada diri sendiri sebagai paspor menuju kekayaan

3. Maksimalkan apa yang kita peroleh. Kalau kita tidak membuang-buangnya, kita tidak akan kekurangan. Pikirkan imbalan dan pengorbanannya yang menyenangkan

4. Ikutlah berperan serta dalam tahun keemasan yang akan datang

Sepanjang waktu selalu ada kesempatan. Tetapi masa depan tidak pernah menjanjikan banyak hal, bagi banyak orang kita harus siap menuju landaan pelucuran tahun keemasan.

Jadi mulai sekarang ambilah keputusan kita sekarang untuk ikut membantuk masa depan yang indah bagi diri kita dan mereka yang kita cintai.


ShoutMix chat widget

Followers

Bangkitlah Indonesiaku © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO